Saturday, December 20, 2014

Pengertian Dakwah Islam

Pengertian Dakwah Islam

 

Sahabat syariat kita, jika ditinjau dari segi etimologi, dakwah yaitu berasal dari bahasa Arab yang merupakan bentuk masdar dari kata “دعا” “يدعو” dan “دعوة” yang berarti menyeru, memanggil dan mengajak (Yunus, 1989: 127 ). Dalam hal ini, dakwah ditunjukkan dengan berbagai term kata yang merujuk ke satu arti atau istilah yang sama sebagaimana yang terdapat dalam Al-Qur’an antara lain yaitu:

Surah Ali Imran ayat 104:

 

وَلْتَكُن مِّنكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ وَأُوْلَـئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ
 
“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang mungkar, merekalah orang-orang yang beruntung.

Dalam ayat di atas, pengertian dakwah yaitu sebagaimana diambil dari ayat yang berwarna merah yang berarti menyeru. Dengan demikian dakwah merupakan upaya menyeru menuju jalan Allah, agar masyarakat menerima syariat Islam dan mengamalkannya, yang pada akhirnya mereka akan selamat dunia dan akhirat.

Surah Yunus ayat 25:

 

وَاللّهُ يَدْعُو إِلَى دَارِ السَّلاَمِ وَيَهْدِي مَن يَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيمٍ

“Allah menyeru (manusia) ke darussalam (surga), dan menunjuki orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus (Islam).

Sedangkan dalam ayat yang kedua, pengertian yang merujuk ke dakwah dapat kita amati dari lafal yang berwarna hijau yang juga berarti menyeru. Dari ayat tersebut kita dapat mengetahui bahwa esensi dakwah tiada lain untuk mengajak manusia menuju arah kebahagiaan yaitu surga dengan mengarahkan manusia dari jaan yang sesat menuju jalan yang diridhai Allah.

Jika ditinjau dari segi terminologi, berikut saya kutipkan beberapa pengertian dakwah yang relevan dengan pengertian yang terjadi dalam kehidupan sekarang ini sebagaimana dikemukakan oleh para ahi adalah sebagai berikut:

Asep Muhyidin dan Agus Ahmad Safe’i:

 

“Dakwah adalah kumpulan dari segala rekayasa dan rekadaya untuk mengubah segala bentuk penyembahan kepada selain Allah menuju keyakinan tauhid, mengubah semua jenis kehidupan yang timpang ke arah kehidupan yang lempang, yang penuh dengan ketenangan batin dan kesejahteraan lahir berdasarkan nilai-nilai Islam.”

Amrullah Achmad: 

 

“Dakwah adalah mengadakan dan memberikan arah perubahan, mengubah struktur masyarakat dan budaya dari kedhaliman ke arah keadilan, kebodohan ke arah kemajuan/kecerdasan, kemiskinan ke arah kemakmuran, keterbelakangan ke arah kemajuan yang semuanya dalam rangka meningkatkan derajat manusia dan masyarakat ke arah puncak kemanusiaan.”

Asmuni Syukir:

 

“Dakwah adalah suatu usaha mempertahankan, melestarikan dan menyempurnakan umat manusia agar mereka tetap beriman kepada Allah, dengan menjalankan syariat-Nya sehingga mereka menjadi manusia yang hidup bahagia di dunia maupun akhirat .”

Hamzah Ya'kub:

 

“Dakwah adalah mendorong manusia agar melakukan kebajikan dan melarang dari perbuatan kemungkaran agar mereka mendapat kebahagiaan di dunia dan akherat.

Dari definisi dakwah sebagaimana yang saya kemukakan, maka sudah selayaknya kita turut peduli dan empati terhadap nasib dan keberlangsungan dakwah yang ada di negara kita ini, karena Al-Qur’an jelas mengajarkan bahwa Tujuan Dakwah Islamiyah yaitu untuk menyelamatkan manusia dari kebodohan, kejahilan dan perilaku negatif yang ada disekeiling kita menuju kehidupan yang rahmatan lilalamin, menyebarkan cinta damai ke seluruh penjuru alam, yang mana Dasar Hukum Berdakwah tersebut merupakan kewajiban bagi semua umat Islam dimanapun berada.

Demikian semoga bermanfaat, mungkin Anda juga tertarik dengan artikel kami yang lain:
·           Dasar Hukum Dakwah
·           Tujuan Dakwah Islamiyah
·           Hukum Riba dan Bunga Bank
·           Cinta Dalam Perspektif Tasawuf
·           Pengertian dan Syarat Rukun Wakaf

pengertian dakwah islam

Ref:
Yunus, Muhammad, 1989, Kamus Arab Indonesia, Jakarta: PT. Hidakarya Agung
Syukir, Asmuni, 1983, Dasar-dasar Strategi Dakwah Islam, Surabaya: Al-Ikhlas

2 Komentar:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Ass. Wr. Wb
    Siip.
    Tujuan dakwah kepada ummat sudah anda jelaskan.
    Tujuan dakwah bagi diri :
    1. Pengabdian diri kepada Allah
    2. Rasa sykur kepada Allah atas nikmat kebaikan yang sudah dijalankan
    3. Rasa sayang kepada ummat bila tidak ada hasil yang didakwahkan maka sesali diri dan koreksi diri krn tidak berhasil menyelamatkan ummat dan berdoalah.
    4.Sampaikan tentang permasalahan yang kita pahami dan bagaimana menerapkannya dalam melawan godaan
    5. Istighfar bila terdapat kesalahan dalam upaya dakwah dan insyaAllah ada kesalahan untuk perbaikan selanjutnya.
    6 .Sabar ihlas dan berdoa kepada Allah
    7. Lahaula wala . . .
    8. Tema dakwah adalah sesuai dg yang sudah kita jalani. Jangan menyuruh sesuatu kebaikan tertentu bila kita belum melaksanakan karena tidak tahu gofaan setannya.

    ReplyDelete

Dapatkan Artikel Kami Gratis

Ketik email Anda di sisi:

Kami akan mengirimkannya untuk Anda

Quality Content